12.15
0
Biografi Gribs - Lorong Musik

Biography Gribs - Grup band glam rock Indonesia yang dibentuk pada 13 Mei 2008. Gribs meluncurkan album perdananya pada 2009 dengan menggunakan nama band mereka, "GRIBS" beserta kepanjangannya: "Gondrong Kribo Bersaudara" sebagai judul album. 
Nama Gribs mulai mereka sandang secara resmi pada 13 Mei 2008. Namun sebetulnya kuartet rock ini justru telah berikhtiar menegakkan band ini sejak tahun 2005.
Awalnya personel Gribs terdiri atas Rezanov (vokal), Dion Blues (gitar), Arief Tri Satya (bass) dan Rashta (drum). Keempat bersahabat dan memiliki ikatan persaudaraan ini memang menggandrungi genre musik rock terutama kekaguman mereka terhadap band band rock yang mengandalkan kepiawaian bermain musik. Kini formasi terbaru GRIBS adalah Rezanov (Vokal), Eben Andreas (Gitar), Hugo Singarimbun (Bass), dan Gaharaiden Soetansyah (Drum). 
Genre musik mereka adalah Hardrock dengan referensi musik mengacu pada band-band rock 1980-an seperti Dokken, RATT, Motley Crue, hingga Poison. Pada era itu band-band rock tersebut berdandan glamor dengan kostum meriah, gerombolan laki-laki berambut panjang itu tak lupa mengoleskan gincu di bibir mereka sehingga muncullah istilah Glam, yang juga identik dengan band GRIBS yang selalu tampil glamor, baik dalam dandanan maupun aksi panggung. Dengan dandanan meriah, bahkan wah, GRIBS di atas panggung selalu tampil energik, gelisah, liar, nakal, dan menghibur.

Jadi tak heran bila Rezanov menyebut sosok Robert Plant, Sebastian Bach, Minoru Nihara, Bon Scott serta Achmad Albar, sebagai deretan penyanyi yang mempengaruhi dan membentuk karakter vokalnya yang liar, melengking dan mempesona.
Dan jika menyimak album debut Gribs yang berisikan 13 lagu ini rasanya siapapun yang menyimak pastilah mahfum bahwa Gribs tak syak lagi merupakan band yang ingin menyatukan kembali serpihan serpihan gaung rock era 80-an yang saat itu menyeruak dengan terminologi seperti hair band maupun glam-rock.
Selain menampilkan kualitas rock yang mumpuni, musik Gribs pun menjadi setara dengan pola penulisan lirik dengan tema tema yang beragam.
Mulai dari persoalan lingkungan yang kian kritis, romansa maupun yang berbau kritik sosial. Terlihat jelas bahwa Gribs memiliki perhatian lebih pula terhadap kekuatan lirik.
Anggota Band:
  • Rezanov [Vocal]
  • Eben Andreas [Guitar]
  • Hugo [Bass]
  • Gaharaiden [Drum]

0 komentar:

Posting Komentar