00.53
0
Biografi Band - Lorong Musik

Biography BIP - Grup band rock Indonesia asal Jakarta yang didirikan oleh tiga orang musisi yang hengkang dari Slank pada tahun 1996, yaitu Parlin Burman (gitar), Bongky (bass), dan Indra Q (keyboard). Kini formasi mereka dilengkapi oleh Irfan Fahri Lazuardy (vokal) serta Dede Kumala (additional drum).
Bongky, Indra, dan Pay sepakat mendirikan BIP empat tahun setelah berpisah dari Slank, tepatnya pada tanggal 20 April 2000 di acara reuni Potlot yang diadakan di GOR Saparua, Bandung. 
Sebelumnya, para personel jebolan Slank itu pernah membentuk grup band Sablenk (Saya Bekas Anak Slank). Vokalis awal BIP adalah Irang Perdana Arkad. Mereka pun merilis dua album yaitu Turun dari Langit (2001) dengan mengandalkan lagu hits "Skak Mat", "Aku Gemuk Lagi" serta "1000 Puisi" dan Min Plus (2002) di bawah naungan EMI Music Indonesia.
 
Setelah vakum selama kurang lebih enam tahun, akhirnya pada 26 November 2010 BIP mengeluarkan album baru mereka yang bertajuk Berangkat di bawah naungan Fame Music. Album ini menandakan bahwa mereka masih ada dalam persaingan di industri tanah air. BIP menelurkan 6 lagu di album ini dengan singel hits berjudul "Pelangi dan Matahari".
Pada tahun 2016 BIP berhasil merilis album berjudul "Kata Jendral". Album ini melibatkan 350 produser dari Bipers (penggemar BIP) yang bertindak melakukan crowd funding atau patungan dari Bipers untuk memproduksi album ini. Butuh waktu 3 tahun untuk menuntaskan album ini.
 
Anggota Band:
  • Parlin Burman aka Pay [Guitar]
  • Bongky Marcel Ismail aka Bongky [Bass]
  • Indra Chandra Setiadi aka Indra Q [Keyboard]
  • Irfan Fahri Lazuardy aka Ipang [Vocal]
  • Dede Kumala aka Dede [Additional Drum]
 

0 komentar:

Posting Komentar